Hore, Warga Ciadeg Dapat Akte Kelahiran - Lingkar Bogor
 

Hore, Warga Ciadeg Dapat Akte Kelahiran

Hits: 0

LINGKARBOGOR.COM- Sebanyak 250 akte kelahiran warga Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.telah jadi di cetak berkat kerjasama pemdes Ciadeg bersama Disdukcapil .

Kepala Desa Ciadeg Wahyu Rahayu, mengatakan pembuatan akta ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Desa Ciadeg serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.

Wahyu menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya jemput bola guna memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi. Sehingga, masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan akta di tingkat desa.Alhamdulilah dari jumlah 500 pengajuan akte kelahiran yang sudah beres di cetak mencapai 50 persen dan sisanya akan di selesaikan secepatnya.

“Soal biaya administrasi mengacu pada aturan yang ada, kalaupun ada yang lainnya, kami serahkan kepada masyarakat. Misalnya, untuk pembelian materai atau lainnya. Memgenai syaratnya sendiri yakni hanya KTP, KK dan Buku Nikah serta Ijazah,” ungkapnya.

Sementara itu Muhamad Karom Saepul Anwar selaku ketua panitia mengatakan selama pelaksanaan kegiatan tidak mengalami sedikit kendala. Dimana, terdapat adanya perbedaan nama antara di Buku Nikah dengan KTP. “Kendala cuma itu saja sih, karena buku nikah mereka itu kan kebanyakan yang lama, tapi semua bisa diatasi dengan menyesuaikan pada ijazah”.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, warga Ciadeg bisa tertib administrasi dalam memiliki akta kelahiran. Mengingat, akta ini merupakan dokumen penting bagi anak-anak mereka masing-masing untuk dipergunakan sesuai kebutuhannya sendiri suatu saat nanti.

“Dengan sudah dimilikinya akta kelahiran, kami berharap bisa jadi dasar kebutuhan sendiri bagi pemiliknya. Seperti untuk melamar kerja, mau masuk sekolah atau lainnya,” terang Karom.

Sementara, salah seorang warga Mujiatno yang mengikuti program kegiatan pembuatan akta masal, mengaku senang. Mengingat, yang sebelumnya tidak memiliki akta kelahiran, sekarang anaknya bisa memiliki.

Reporter: NN/ Uling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Monev Bagian Dari Monitoring Dan Evaluasi Desa

Sen Jun 8 , 2020
Hits: 0 LINGKARBOGOR- Bertempat di Kantor Desa Tugujaya , Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.Senin(8/6/202) telah di laksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev). Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ( Monev)bertujuan agar pengelolaan keuangan Desa, yakni untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi, sekaligus memaksimalkan terkait pelaksanaan laporan realisasi anggaran dan penyelesaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) […]
%d blogger menyukai ini: