Ketua BPD Ambil Sumpah dan Lantik Panitia Pilkades

lb Pemerintahan

LINGKARBOGOR.COM- Bertempat di Gor serba guna Badan Permusyawarahan Desa( BPD) lantik panitia pilkades tingkat desa Ciburayut.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu kapolsek Cijeruk, Danramil, Camat Cigombong, KUA Cigombong.serta unsur lapisan masyrakat.

Agenda hari ini Jumat,( 7 /8/2020).yaitu pembentukan panitia pilkades,
pembagian dan penetapan pemilihan. Serta penetapan jumlah dan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Dan pembentukan serta pelantikan pemilihan kepala desa tingkat desa.

Plt. Camat Cigombong Asep Achadiat Sudrajat berharap agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dapat berjalan lancar, aman, tertib dan sukses. Untuk Panitia Pemilihan dan Petugas yang dibentuk wajib mengetahui, memahami dan menjalankan ketentuan/peraturan yang mengatur mengenai pemilihan kepala desa. Selanjutnya Panitia Pemilihan harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu bakal calon/calon kepala desa, baik berupa tindakan maupun ucapan yang dapat ditafsirkan memihak/mendukung salah satu bakal calon/calon kepala desa. Juga, Panitia Pemilihan dalam melaksanakan tugas wajib mematuhi prosedur/mekanisme yang telah ditentukan baik tercantum dalam Peraturan Daerah. Peraturan Bupati, Peraturan BPD (Tatibsus Pilkades) maupun Peraturan Panitia Pemilihan.

Di tambahkan Asep menginstruksikan kepada Panitia Tingkat Kecamatan agar Petugas yang terkait dengan pelaksanaan Pilkades wajib diberi pembekalan/penjelasan dan pemahaman prosedur/ mekanisme kerja.

Setelah memperoleh pembekalan, setiap anggota Panitia Pemilihan atau Petugas dalam melaksanakan tugas wajib berkoordinasi dengan sesama anggota dan berkonsultasi dengan Ketua/Wakil Ketua.
Panitia Pemilihan melaksanakan tugas sesuai kewenangan yang dimiliki dan menghindari kegiatan yang bukan merupakan tahapan Pilkades dan bukan menjadi tugas Panitia Pemilihan.

Panitia Pemilihan wajib melakukan koordinasi dengan pihak terkait antara lain BPD dan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan serta Instansi tingkat Kabupaten melalui BPD.

Panitia Pemilihan wajib mensosialisasikan dokumen yang terkait dengan Pilkades seperti DPS, DPT dan Peraturan Panitia Pemilihan tentang Tata Cara yang mengatur mengenai Pilkades kepada masyarakat desa khususnya kepada para bakal calon/calon kepala desa.

Sementara itu Ketua Panita Hayadi nuryani, S.Pd mengatakan Pemilihan menjamin pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkades berjalan demokratis, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Panitia Pemilihan wajib berupaya menciptakan ketertiban, ketentraman dan keamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan berkoordinasi dengan para Bakal Calon/Calon Kepala Desa dan pihak terkait lainnya. Melakukan tindakan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan munculnya masalah dan menyelesaikannya secara dini sebelum masalah tersebut muncul ke permukaan.

Melakukan percermatan terhadap titik rawan tahapan pilkades, sehingga panitia dapat melakukan tindakan pencegahan/antisipasi munculnya masalah.

Semoga Panitia Pilkades bisa menyelesaikan tugas dengan lancar tanpa menimbulkan ekses, Tutup Hayadi.

Reporter: NN/ Uling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *