LSBRC Siap Lestarikan Seni Pencak Silat Cimande

lb Seputar Bogor Sosial Budaya

Lingkarbogor.com, Cigombong-Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang ada di provinsi Jawa Barat letaknya strategis tidak jauh dari Jakarta dan iklimnya sejuk karena masih memiliki curah hujan yang tinggi membuat Kabupaten Bogor menjadi salah satu primadona kepariwisataan di Jawa Barat. Kabupaten Bogor terdiri dari alam pegunungan, hutan, danau, lembah, sungai, pesawahan dan perkebunan sehingga menjadikan kaya obyek daya tarik wisata alam dan terlebih masih memiliki seni budaya yang khas.

Salah satunya tradisi budaya cimande di Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong. Keindahan alam sejuk yang didukung seni budaya yang beragam cindremata dan kuliner yang khas membuat minat wisatawan untuk selalu berkunjung ke Kabupaten Bogor Tradisi budaya cimande.

Pencak Silat Cimande merupakan salah satu kekayaan budaya asli bogor ternyata telah populer hingga mancanegara melalui jurus – jurus silatnya, demikian pengobatan patah tulang dengan balur cimande yang telah menjadi pilihan alternatif masyarakat, sehingga layak untuk dilestarikan kembali nilai – nilai luhur yang terdapat dalam ajaran budaya cimande dapat lebih dipahami masyarakat dan dapat mendorong pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk melestarikan seni budaya Cimande ini.

Bertempat di Desa Ciburuy Padepokan Pencak Silat Lingkungan Seni Bela Raga Cimande ( LSBRC ) Bina Karya Karakter Anak Bangsa yang dimotori oleh Asep Winata sebagai penasehat yang bertempat dikampung muara RT 01 RW 03 Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Menurut Asep ditemui Lingkarbogor.com dipadepokannya Minggu ( 27/9/20). Mengatakan, budaya seni pencak silat cimande wajib kita lestarikan karna pencak silat cimande sudah sampai mancanegara dan asli dari jawabarat.

Maka dari itu saya dipadepokan ini hanya dijadikan penasehat dan sebagai pelatih anak saya, Muhamad Ari Kusuma Dinata yang kini memiliki murid kurang lebih 100 orang.

Disini kita menerima murid mulai dari umur 7 tahun keatas Sampai dewasa

Allhamdulilah Kita bisa meneruskan jejak leluhur Cimande dan untuk latihan 1 minggu sekali setiap hari minggu tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Kami juga masih menerima murid sebanyak banyaknya yang ingin belajar sungguh sungguh pintu Padepokan terbuka lebar lebar

Harapan Asep mari kita jaga seni budaya cimande jalin persaudaraan dengan adanya Padepokan Lingkungan Seni Bela Raga Cimande, pintanya

Reporter : U Wira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *