Tim Pengmas FKM UI Gelar Daring Terhadap Kader Cipambuan Babakan Madang

Hits: 2

Lingkarbogor.com -Tim pengabdian masyarakat (Pengmas) dari mahasiswa Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) memberikan sosialisasi kesehatan dengan metode daring (online-Red)kepada 21 kader kesehatan dari Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor pada 1-3 Desember 2020 lalu.

Pengmas yang dibimbing oleh Tri Krianto dari Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM UI tersebut memilih peserta dari Babakan Madang Bogor karena pada bulan November lalu, Kecamatan Babakan Madang termasuk dalam zona merah COVID-19.

Ketua tim Pengmas, Ayu Khoirotul, Mahasiswa Pascasarjana PKIP FKM UI mengatakan bahwa materi yang disampaikan kepada Kader Kesehatan meliputi Materi Penularan dan Pencegahan COVID-19, Gizi Seimbang, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dipilih karena ketiganya merupakan upaya pencegahan terhindar dari COVID-19.

Ayu juga menerangkan, aksi ini menjadi upaya peningkatan peran kader kesehatan dalam mengedukasi masyarakat sekitarnya, “COVID-19 menjadi masalah kita bersama dan kader kesehatan dapat dijadikan sebagai ujung tombak pemberi informasi yang benar di kalangan masyarakat”, kata Ayu, Selasa (8/12).

Kader kesehatan dipilih sebagai sasaran program Pengmas ini karena merupakan tokoh masyarakat bidang kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. Sosoknya yang semuanya adalah ibu-ibu atau emak-emak akan berbaur dengan masyarakat karena hubungan emosional tersendiri, sehingga diharapkan perannya dapat maksimal untuk meningkatkan literasi kesehatan terutama isu COVID-19.

Sosialisasi daring ini dilakukan selama tiga hari melalui WhatsApp tersebut dibagi menjadi 3 grup. Masing-masing grup diisi oleh 1 moderator dan 1 fasilitator yang berasal dari mahasiswa Tim Pengmas.

Hari pertama grup A mendapatkan materi tentang COVID-19, grup B tentang Gizi Seimbang, dan grup C tentang PHBS. Selanjutnya pada hari kedua grup A tentang PHBS, grup B tentang COVID-19, dan grup C tentang Gizi Seimbang.

Pada hari terakhir, materi grup A adalah Gizi Seimbang, grup B tentang PHBS, dan grup C tentang COVID-19. Pembagian grup ini dimaksudkan agar ibu kader dapat terpantau maksimal oleh fasilitator dan diskusi dalam grup berjalan kondusif.

Antusias ibu kader terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada fasilitator. Peserta mengaku mendapatkan pengetahuan/wawasan baru, ingin menyebarkan materi yang didapatkan ke Ibu lainnya, dan ingin mempraktekkan materi yang telah didapatkan.

“Jadi tau tentang makanan bergizi, tentang covid dan hidup sehat,  pokoknya banyak sekali ilmu yang di dapat semoga bermanfaat”, Ibu Sri Rohati, seorang peserta yang diwawancarai.

“Pokoknya seru banget materi yang disampaikan sama kakak-kakak ini kita jadi tambah ilmu dan wawasan tentang covid, jenis sayuran makanan bergizi, dan tentang PHBS terimakasih banyak ya kakak-kakak atas ilmunya semoga bermanfaat bagi kami”, ungkap Yeni Thiner, peserta lainnya.

 “Semoga berguna untuk saya dan dapat Saya salurkan ke ibu-ibu Cipambuan”, ungkap Sri Watini selaku peserta lainnya.

(DidiS)

Posted in lb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ini Urutan Peserta Calon Kepala Desa Ciburayut

Rab Des 9 , 2020
Hits: 2 Lingkarbogor.com- Bertempat di Aula Gor serba guna Panitia Pemilihan Kepala Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.Adakan pengocokan nomor urut calon Kepala Desa Periode 2021-2027. Musyawarah Pengundian Nomor urut Calon Kepala Desa Ciburayut dihadiri oleh Camat Cigombong. kades/Plh Ciburayut, Polsek Cijeruk yang diwakili Kanit Binmas, Koramil Cijeruk yang diwakili […]
%d blogger menyukai ini: