Giat Basamu dan Pemdes Palasari Siaga Kamtibmas

Ormas dan LSM Seputar Bogor

LingkarBogor.com – Cijeruk –
Menyikapi kabar yang beredar tentang aksi jalanan yang terjadi di wilayah Cogombong, Barisan Satria Muda (Basamu) bersama Pemerintah Desa Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor melakukan ronda malam sebagai bentuk siaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kita siaga aja, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, jangan sampai lengah, mengingat Palasari merupakan wilayah perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bogor sebagai pintu keluar masuk warga kota dan Kabupaten Bogor bahkan dari luar Bogor yang harus dijaga keamanan dan kenyamanan mereka yang akan melintas. Kebetulan ada Basamu yang bersinergy dengan warga dalam menjaga Kamtibmas,” ungkap Kades Aip Syaripudin ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/4/21).

“Beredarnya kabar tawuran yang terjadi di Kecamatan Cigombong, entah benar atau hanya hoax, namun tidak ada salahnya kita perketat penjagaan lingkungan dengan melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak Kamtibmas,” imbuh Aip.

“Sebagian bertugas memantau pergerakan di jalan raya, dan sebagian lainnya melakukan patroli kampung. Bila terdapat hal mencurigakan, segera dilaporkan kepada pihak Kepolisian dengan terus menginformasikan pergerakannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” terangnya lagi.

Secara teknis, masih menurut Aip, petugas ronda akan melaporkan ke pihak Polsek Bogor Selatan apabila pergerakan menuju arah kota, dan sebaliknya apabila pergerakan mencurigakan mengarah ke Kabupaten seperti ke arah Cigombong, maka petugas Ronda akan melaporkannya ke Polsek Cigombong.

Senada dengan Kades Aip, Ketua Basamu Desa Palasari, Mualana mengatakan kesiapannya menjaga Kamtibmas Desa Cijeruk, “Anggota Basamu didukung oleh Pemerintah Desa Palasari dan bersinergy dengan masyarakat, siap mengamankan lingkungan selama bulan puasa hingga Idul Fitri mendatang”.

Menutut Maulana, masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor tidak perlu ragu dalam memilih jalan alternatif melalui Palasari pada malam hari, karena pihaknya senantiasa siaga dalam membantu keamanan demi kenyamanan masyarakat khususnya para pengguna jalan.

“Kami sadar betul bahwa menjaga Kamtibmas merupakan kewajiban bersama, sehingga ronda malam ini kita lakukan guna mempersempit tindak kejahatan termasuk Ranmor dan tindak kejahatan lainnya. Namun demikian, kami menghimbau agar para pengemudi kendaraan roda dua dan empat, tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan. Mudah-mudahan Romadhon dan Idul Fitri tahun ini berjalan dengan kondusif dan kita semua terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” pungkas Maulana.

(DidiS & Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *