Diklat Paralegal, LBH Pendekar Ajak Masyarakat Peduli Keadilan

Hukum & Kriminalitas Nasional Seputar Bogor

LINGKAR BOGOR.COM | HUKRIM –
Guna melebarkan sayap dan dalam rangka meningkatkan profesionalisme, LBH Pendekar mengajak mereka yang peduli dan siap memperjuangkan tegaknya keadilan, dengan mengungdangnya pada agenda Pendidikan dan Latihan (Diklat) Paralegal Angkatan Pertama.

“Angkatan pertama Diklat Paralegal, akan dilaksanakan selama 3 hari pada 28 hingga 30 Mei 2021, dan kami mengajak seluruh masyarakat yang peduli dan siap memperjuangkan tegaknya keadilan, agar tidak ada lagi atau setidaknya mengurangi ketidak adilan yang dirasakan masyarakat,” ungkap Hendra Sudrajat, Ketua Umum Yayasan LBH Pendekar, ditemui di ruang kerjanya, di bilangan Cigombong Kabupaten Bogor, Sabtu (1/5/21).

“Kita ketahui, kerap kali kita merasakan adanya ketidak adilan, namun kita tidak mengetahui harus bagaimana untuk mendapatkan keadilan yang kita harapkan, sedangkan keadilan bukan hanya milik kita seorang, melainkan juga milik orang lain yang berada berseberangan dengan kita. Hal ini pula yang melatar belakangi berdirinya Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pejuang Hukum dan Demokrasi (Pendekar),” terang Hendra Sudrajat.

Konsolidasi Lawyer LBH Pendekar disela Acara Buka Puasa Bersama

Menurut Hendra, Diklat Paralegal dipastikan akan menambah tumbuhnya kesadaran hukum (Darkum) bagi masyarakat, karena pasca Diklat, Paralegal diwajibkan melakukan sosialisasi Darkum bagi masyarakat khususnya para pencari keadilan.

Keadilan, menurut Hendra, sangat tergantung pada kesadaran diri akan keseimbangan hak dan kewajiban kita dengan hak dan kewajiban orang lain. Karena dibalik hak kita dari orang lain, juga terdapat hak orang lain dari kita, dan dibalik kewajiban orang lain terhadap kita, juga terdapat kewajiban kita terhadap orang lain. Inilah sebagai dasar dari Hak Azasi Manusia (HAM) yang harus disadari.

“Pada situasi dan kondisi tertentu, mencari keadilan hanya bisa diperoleh di meja hijau persidangan pengadilan dengan membawa bukti dan saksi hukum yang dapat mendukung pembuktian bahwa kebenaran berada di pihak kita dan keadilan juga akan menjadi milik kita selaku masyarakat pencari keadilan. Inilah bentuk sadar hukum yang sesungguhnya, yaitu menghormati hak hukum sesama warga negara,” ungkap Hendra Sudrajat,

“Paralegal dari LBH Pendekar, nantinya diharapkan akan menyebar ke seluruh pelosok tanah air hingga ke tingkat desa, untuk menyentuh masyarakat paling bawah guna memberikan edukasi dan kesadaran hukum, hingga terciptanya sadar hukum dan saling menghormati Hak Azasi Manusia yang adil dan seimbang, beradab dan berkebudayaan, terpelihara dan berkelanjutan,” pungkas Hendra, optimis.

LBH Pendekar berada dibawah Yayasan LBH Pendekar dengan mendapat dukungan dari 8 orang Lawyer dan akan terus bertambah, dengan berpegang teguh pada prinsip Komitment dan Amanah dalam memperjuangkan setiap jengkal hak dari klien, yang akan diperjuangkannya hingga titik darah penghabisan, karena disadarinya hal ini merupakan ciri khas yang membedakan Pendekar dengan lembaga lainnya yang dapat mengangkat nama baik dan martabat LBH Pendekar di mata masyarakat pencari keadilan.

Kepada peminat Diklat Paralegal, untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 0857 7878 1568 (WA only).

(DidiS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *