Drainase Vertikal Desa Pasirjaya Sedang Tahap Pengerjaan

lb Pemerintahan

Lingkarbogor.com, Cigombong -Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bogor telah menyiapkan pembangunan drainase vertikal di sejumlah titik daerah rawan genangan salah satu contoh di Desa Pasirjaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Drainase vertikal ini merupakan saluran air yang dibangun untuk mengalirkan air hujan secara vertikal dari permukaan ke dalam tanah.

Drainase ini terdiri dari 2 katup mainhole penangkap air hujan dan alat modulur tank rainsave sebagai tampungan yang dirakit, disusun, dan dilapisi kain geotextil serta beralaskan pasir dan kerikil yang ditanam memanjang di dalam tanah, ujar Lucky Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM) Desa Pasirjaya.

Drainase vertikal atau sumur resapan memiliki kedalaman hingga 2 meter dari pipa kontrol sampai dasar alat rainsave dengan panjang permukaan mencapai 3,5 meter.

Air kemudian mengalir melalui dua katup mainhole penangkap air hujan dengan kedalaman 1 meter.

Air yang berada di masing-masing katup mainhole selanjutnya akan dialirkan melalui pipa menuju alat rainsave sebagai tampungan air hujan, ucapnya

Lebih lanjut Lucky menjelaskan, Setelah melalui proses diskusi panjang dan melakukan koordinasi dengan kepala desa dalam upayanya tersebut, pemuda Desa Pasir Jaya yang terdiri dari perangkat desa, para ketua rt, rw, lpm, serta kelompok kepemudaan itu menggabungkan diri dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk mengelola program pembangunan drainase vertikal. Program itu merupakan bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Bogor melalui Dinas PUPR dan Alhamdulillah solusinya sudah kami dapat melalui program pembuatan sumur resapan air ini, ungkapnya

Kasi Pemerintahan Desa Pasir Jaelani ditemui disela sela pembuatan drainase menjelaskan, Phoenix menambahkan, drainase vertikal atau sumur resapan yang dibangun tim KSM Pasir Jaya sebanyak 15 unit, dengan ukuran bervariasi, sesuai dengan kondisi di lokasi. memiliki kedalaman hingga 2 meter dari pipa kontrol sampai dasar alat rainsave dengan panjang permukaan mencapai 3,5 meter.

Dengan adanya bantuan drainase vertikal dari Dinas PUPR, kini masalah genangan yang terjadi di Kabupaten Bogor sudah dapat teratasi. Warga bisa beraktifitas dengan tenang tanpa khawatir rumahnya dilanda genangan saat hujan tiba,” tuturnya.
Sebagai informasi, sejak 2017 hingga 2020 DiDinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bogor telah menyiapkan pembangunan drainase vertikal di sejumlah titik daerah rawan genangan salah satu contoh di Desa Pasirjaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Reporter:Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *