Bupati Bogor Hadiri Panen Raya di Desa Tugu Jaya, Sekaligus Penyerahan Alat Pertanian

Hits: 3

Lingkarbogor.com, Cigombong – Bupati Bogor Ade Yasin melakukan panen raya cabai di lahan puluhan hektar di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Selasa (24/8/2021).

Selain panen cabai, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman ini menyerahkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin dalam sambutannya mengatakan, Apresiasi buat para petani yang cukup bekerja keras berusaha dan merawat hasil tanamannya sehingga hasil cabainya itu luar biasa bagus – bagus tidak ada yang kena hama apalagi satu pohon bisa menghasilkan tujuh ons sampai satu kilo sedangkan disini ada 13 ribu pohon kalau dikalikan berarti menjadi 11,3 ton sekali panen ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan dapat menjadi contoh dan motivasi bagi petani lain.

Kita butuh pejuang tangguh terutama dibidang pertanian yang bisa menyediakan pangan bagi masyarakat, Karena walau dimasa pandemi covid – 19 atau PPKM Alhamdulillah para petani tidak terganggu aktifitasnya, Mereka tetap bisa bertani dan panen contoh bagi ketahanan pangan.ujarnya

Turunnya permintaan secara otomatis berdampak pada harga jual. Maka tak heran jika permintaan menurun harga akan turun. Kondisi berbeda ketika permintaan di pasaran meningkat. “Pasti harga juga ikut naik,” sambungnya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bogor terus mensupport sektor usaha pertanian, salah satunya dengan memberikan bibit secara gratis. “Ada bantuan bibit yang diberikan ke petani di Kabupaten Bogor,” terangnya.

Peluang usaha kembali terbuka setelah Pemerintah Pusat memberlakukan PPKM level 3, dimana sebagian kegiatan dilonggarkan.

“Mudah-mudahan dengan PPKM level 3 ini sektor pertanian khususnya soal harga kembali stabil karena ada kelonggaran aturan,” bebernya.

Bupati juga mengarahkan, agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan untuk digarap dan dijadikan perkebunan.

“Kita Pemkab memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk bertani dengan memanfaatkan lahan yang ada, misalkan dengan perhutani,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tugu Jaya, M. Rifqi Abdilah mengatakan, 60 persen luas lahan di Desa Tugu Jaya menjadi lahan perkebunan dan pertanian.

Total lahan perkebunan di Desa Tugu Jaya seluas 163 hektar dan pertanjan mencapai 130 hektar dari total wilayah seluas kurang lebih 500 hektar. “Masyarakat disini mayoritas petani,” tandasnya.

Reporter: Indra/ Aten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bupati Bogor Lepas Kafilah STQ Ke-17 Tingkat Jawa Barat

Kam Agu 26 , 2021
Hits: 3 Lingkarbogor.com -Bupati Bogor, Ade Yasin berpesan kepada Kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kabupaten Bogor untuk berusaha dengan maksimal agar mendapatkan hasil maksimal, mengharumkan nama Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakannya saat melepas Kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kabupaten Bogor, menuju STQ ke-17 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021, di […]
%d blogger menyukai ini: