KNPI Harus di Jadikan Subjek Bukan Untuk di Jadikan Objek

Hits: 3

Penulis : Anwar Resa

Lingkarbogor.com, Cigombong – Komite Nasional Pemuda Indonesia atau lebih populer dengan singkatan KNPI, merupakan organisasi yang menghimpun pemuda Indonesia yang dituntut untuk mengembangkan sikap kepemudaan yang kritis dan progresif.

Selain itu, sebagai wadah pemuda yang keberadaanya berangkat dari semangat kebersamaan dan persatuan untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga hendaknya bisa menjadi contoh bagi generasi pemuda.

KNPI sebagai “rumah besar” seluruh elemen organisasi pemuda harus menyadari bahwa eksistensi dan kesinambungan perjalanan sebuah lembaga tidak akan ada artinya manakala pada saat dibutuhkan peran, kiprah dan kepeduliannya oleh masyarakat tidak hadir.

KNPI mendatang harus dijadikan SUBJEK pembangunan Sember Daya Manusia ( SDM ) Kepemudaan kedepan dan dihadapkan pada tantangan bagaimana memberdayakan dirinya sekaligus mepersiapkan generasi muda melenia dalam menyongsong Era di Gital Menjawab Tantangan Ekonomi Masa Depan.

KNPI dituntut untuk tidak apriori terhadap elemen apapun baik pemerintah maupun berbagai Dinamika ragam potensi kepemudaan di antaranya LSM dan OKP lainnya.

KNPI juga harus mampu menyikapi secara obyektif berbagai problem sosial yang terjadi dan menyikapinya secara kritis, korektif dan konstruktif. Mengingat Semangat sejarah kepeloporan kaum muda hakikatnya adalah etik perjuangan untuk menegakan kebenaran dan fitrah manusia.

Inilah menjadi tanggung jawab kita semua sebagai kaum muda terutama KNPI sebagai Ormas tempat berhimpunnya kaum pemuda, memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

KNPI Bukan untuk dijadikan OBJEK kepentingan, baik itu kepentingan politik sesaat maupun kepentingan penyerapan anggaran Negara dan berorentasi pada dana hibah dari Pemerintah. Hal yang harus diperhatikan oleh para aktivis KNPI di Indonesia dalam menata organisasinya ke depan, yakin harus tanggap atas realitas dan dinamika kepemudaan yang mulai jenuh karena kejenuhan ini sebagai bentuk protes terhadap berbagai realitas sosial seperti, ketidakadilan, KKN, Korupsi dan sebagainya. Problema tersebut mesti diantisipasi dengan berbagai bentuk dan ragam pemikiran, sikap dan aktivitas.

Perlu menyeimbangkan proporsi orientasinya baik orientasi politik, ekonomi maupun kulturalnya. Selain itu, problem KNPI yang mendesak mesti dibenahi sebagai jawaban logis dari dinamika . maupun eksternal.

Problem-problem inilah yang menjadi sebab mengapa KNPI terasa mengalami degradasi peran seperti MATI SURI, meski metabolisme organisasi masih berjalan normal.Maka dari itu, KNPI harus dapat menjadi sebuah kekuatan pembangunan generasi muda kedepan yang mampu memberikan manfaat bagi bangsa dan negara serta menjadikan pemuda Indonesia sebagai pemuda yang berkarakter, kratif, inovatif dan berdaya-saing tinggi.

Bukan hanya sebuah nama besar Komite Nasional Pemda Indonesia ( KNPI ).
Yang dibutuhkan pemuda adalah peran besarnya yang bermanfaat bagi generasi muda kedepannya.

Penulis adalah Anwar Reza , Pembina karang taruna Bina Remaja dengan Moto: Muda Berkarya Tua Sejahtra. Beri Aku Sepuluh Pemuda
Maka akan Aku Goncangkan Dunia
( Ir. Sukarno ), Tak ada kenyamanan dimasa TUA
Jika bermalas – malasan di masa MUDA. ( Bob Sadino )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bupati Bogor Hadiri Panen Raya di Desa Tugu Jaya, Sekaligus Penyerahan Alat Pertanian

Sel Agu 24 , 2021
Hits: 3 Lingkarbogor.com, Cigombong – Bupati Bogor Ade Yasin melakukan panen raya cabai di lahan puluhan hektar di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Selasa (24/8/2021). Selain panen cabai, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman ini menyerahkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Bogor. […]
%d blogger menyukai ini: