Desa Srogol di Siram Samisade

lb Pemerintahan

Lingkarbogor.com, Cigombong – Desa Srogol Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Menggelar Launcing Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) dari dana APBD Kabupaten Bogor, Tahun anggaran 2021 senilai Rp. Rp.400.000,000 (40%), yang dikerjakan oleh warga setempat, LPM dan TPK.

Acara tersebut diadakan di Kampung Pangarakan dan dihadiri PLT Camat, Babinsa, Babinmas, BPD, LPM, TPK para RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat setempat, Selasa ( 14/09/21).

Kami atas nama Pemdes Srogol sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Bogor dengan program Samisade. Dimana ketika anggaran Dana Desa (DD) banyak dialihkan ke penanganan covid-19, program ini muncul sehingga program infrastruktur dapat teratasi,” ucap Asep Irwan Kuswara selaku Kades Srogol.

Lebih jauh Asep Irawan Kuswara yang akrab dipanggil Ucha menjelaskan, hari ini desa Srogol melaksanakan launching Samisade yang mana jadwalnya agak terlambat lantaran hujan, tapi Alhamdulillah telah terlaksana sesuai perencanaan mudah – mudahan program betonisasi samisade ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, terangnya.

Perlu diketahui Anggaran Samisade ini baru turun 40 % sekitar 400 juta yang akan di alokasikan untuk jalan Kampung Pangarakan RT 16,17, 18 diwilayah RW 06 Betonisasi Sepanjang 600 meter, Lebar 2,5 meter dan Ketebalan 0,20 Centimeter dan untuk TPT
Panjang 250 Meter Lebar 1 meter serta Tinggi 2
Meter dan nanti untuk termen kedua mungkin kita akan membuat Drainasenya.

Dalam pelaksanaan pekerjaan pihaknya memberikan kewenangan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang dipimpin oleh Ketua LPM dengan melibatkan Swadaya masyarakat dari warga sekitar lokasi kegiatan. Hal itu dilakukan sesuai dengan amanah program yakni Padat Karya Tunai Desa,
sesuai dengan aturan Perbup nomor 83 tahun 2020 tentang Samisade, ungkapnya.

Ucha menambahkan, kami atas nama Kepala Desa dan masyarakat Desa Srogol mengucapkan, ” terima kasih kepada Bupati Bogor, Ade Yasin yang telah mengelontorkan dana tersebut karna program Samisade ini merupakan Pilot Project, satu-satunya di Indonesia, pintanya.

Asep Achdiat Sudrajat Plt Camat Cigombong menambahkan, pemerintahan kecamatan Cigombong intinya berharap kegiatan Samisade ini bisa berjalan mulus dan lancar sesuai dengan regulasi yang berlaku dan tadi kepala desa sudah menyampaikan pekerjaan sesuai dengan PKTD dan mudah – mudahan ini konsisten dilakukan oleh Kepala Desa dengan melibatkan banyak warga yang notabene sekarang terbentur dengan pandemi Covid-19 sehingga mereka perlu ditolong supaya mereka dipekerjakan.

Asep berharap pekerjaan betonisasi Samisade tidak membentur aturan harus sesuai dengan aturan dan kami pemerintah kecamatan menggandeng tim dari PUPR secara fisik untuk melakukan uji atau memonitoring secara fisiknya sehingga tidak ada lagi yang bertanya kepada saya terkait fisik saya tidak paham karena bukan leading sector disitu maka dari itu kami menggandeng pihak PUPR, ungkapnya.

Reporter: Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *