Limbah Ayam Potong Dibuang ke Sungai

Hits: 6

Bogor, – Lingkarbogor.com, Sejumlah warga yang tinggal di kampung Geblug RT 04, RW 01 Desa Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, mengeluh dengan limbah kotoran dari Rumah Pemotongan Ayam (RPA) yang beroperasi di tempat tinggalnya,
Senin (27/12/2021).

Salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari RPA, Pitik (35) mengaku sudah kurang lebih setahun dirinya dan keluarga menghirup bau busuk dari limbah (RPA) ke pekarangan rumahnya.

“Sebenarnya tetangga sudah banyak yang mengeluh bau busuk namun sungkan untuk menegurnya,

Ia menambahkan, sebetulnya warga tak ingin mengusik usaha pemotongan ayam jika tidak mengganggu lingkungan. Namun karena tidak ada usaha untuk memperbaiki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan menyebabkan bau busuk, ucapnya kepada wartawan.

Tak hanya itu, warga lainnya tidak mempermasalahkan adanya RPA jika limbah hasil pemotongan dikelola dengan baik oleh pemiliknya.

“Tapi kalau sampai melebar ke tempat warga kan jadi kami yang dirugikan. Jika dari awal masalah IPAL dikelola dengan benar saya rasa malah lebih baik,” terang dia.

“Jadi usaha pemotongan ayam itu berada di dalam kampung dan dikeluhkan warganya karena membuang limbah berupa bulu dan jeroan yang menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat, apalagi RPA tersebut tidak jauh dari sarana tempat ibadah dan sangat menggangu pada saat ibadah dengan bau yang sangat menyengat,

Sementara air sungai tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi saat kemarau, serta mengairi sawah.

Untuk itu tolong dari instansi dan dari DLHP( dinas lingkungan hidup dan pertahanan) agar di tinjau RPA tersebut dan dilakukan penutupan, karena terbukti membuang limbah ke sungai, sehingga mengganggu masyarakat yang biasa memanfaatkan air sungai tersebut ungkap nya.

Reporter ; Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Giat Tabligh Akbar Puncak Berdzikir Ke X Di Masjid Atta Awun

Sen Jan 3 , 2022
Hits: 6 Bertempat Halaman Masjid ATTA AWUN, Kampung Naringgul RT 01 RW 17, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Telah dilaksanakan monitoring pelaksanaan TABLIGH AKBAR PUNCAK BERDZIKIR KE X, Ketua pelaksana KH. Burhanudin Minggu (02/1/2022). Turut Hadir Dalam Kegiatan tersebut :Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan,Polda JabarIbu Hj Ade.Yasin, Bupati […]
%d blogger menyukai ini: